Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Wisata Alam di Gunung Kidul dengan Pemandangan yang Eksotis

 

wisata alam gunung kidul

Meskipun di kenal sebagai daerah yang gersang saat musim kemarau, namun pesona keindahan wisata alam Gunung Kidul gak bisa diabaikan. Puluhan pantai dengan pemandangan eksotis siap memanjakan para wisatawan yang berkunjung.

Selain keindahan pantainya, ada berbagai destinasi wisata di Gunung Kidul yang perlu dikunjungi saat kamu mampir di daerah paling ujung timur Jogja ini.  

Berikut rekomendasi 9 objek wisata alam Gunung Kidul yang perlu kamu kunjungi.

1. Gunung Api Purba Nglanggeran

wisata alam gunung kidul

Instagram.com/noviralarassati

Nglaggeran adalah Gunung Api Purba yang terletak di desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunung Kidul. Lokasinya mudah untuk diakses baik menggunakan kendaraan pribadi, angkutan umum jurusan Jogja-Wonosari setelah naik kereta, bahkan ada jemputan.

Namun kalau menggunakan angkutan umum, akan terlalu lama menunggu. Lebih nyaman menggunakan kendaraan pribadi maupun menghubungi pihak desa wisata agar di jemput di terminal, stasiun maupun di bandara

Konon, Gunung Api Purba Nglanggeran terbentuk pada 0,6-70 jutan tahun yang lalu.Dalam cerita legenda yang beredar, Nglanggeran berasal dari kata melanggar, yaitu tempat menghukum warga desa yang merusak wayang. Dalang yang murka karena Wayangnya di rusak oleh warga desa, kemudian menghukum warga dan mengutuk warga menjadi wayang, lalu membuangnya di Nglanggeran.

Untuk tiket masuk Gunung Api Purba Nglanggeran, dikenakan biaya sebesar Rp 15.000. Sedangkan bagi kamu yang ingin masuk ke Embung Nglanggeran cuku dengan biaya Rp 10.000. Ketika sudah berada di puncak Gunung Api Purba Nglanggeran, pesona pemandaangan yang memukau penuh dengan bukit dan hijau pepohonan akan terlihat. Di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran, kamu pun juga bisa melihat dan menikmati keindahan Embung Nglanggeran.

2. Goa Pindul

wisata alam gunung kidul

instagram.com/goapindul.id

Goa Pindul merupakan objek wisata dengan kegiatan menelurusi cave tubing, yaitu menelusuri gua. Dengan menggunakan pelampung, kamu akan melihat keindahan gua-gua dan indahnya air sungai yang berwarna hijau.

Lokasi Goa Pindul terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunung Kidul. Jam operasionalnya mulai dari 07.00 sampai 17.00. Kamu gak perlu takut nyasar jika menuju lokasi wisata ini. Karena biasanya akan ada seseorang yang akan menawarkan dan mengarahkan ke lokasi wisata. Dan itu tanpa dipungut biaya, lho!

Untuk tiket masuk di Goa Pindul, wisatawan akan dikenai biaya sebesar Rp 40.000. Tapi nih, ada juga paket yang menawarkan untuk bisa menikmati wisata di Goa Pindu. Mulai dari River Tubing Oyo yang dikenakan biaya Rp 60.000, Rafting Goa Tanding Rp 150.000, hingga menikmati dan menelusuri kawasan Goa Pindul dengan mengguakan offroad Rp 490.000.

3. Taman Bunga Nawari

wisata alam gunung kidul

instagram.com/arifahfs

Masih dari kawasan Desa Bejiharjo, jika kamu ingin melihat pemandangan tanpa membuat kamu merasa lelah, datanglah ke Taman Bunga Nawari. Wisata alam Taman Bunga Nawari ini dibuka pada pukul 06.00-18.00.

Di tempat ini, kamu akan melihat cantiknya bunga matahari yang memanjakan mata. Pokoknya di sini cocok banget untuk berburu foto dengan spot yang instagramable. Hanya dengan biaya sebesar Rp 6.000, kamu bisa sepuasnya menikmat pesona wisatan di Taman Nawari.

4. Kebun Bunga Amarilis

wisata alam gunung kidul

instagram.com/riasyumfrida0486

Salah satu destinasi wisata alam Gunung Kidul yang lagi hits ini, terletak di Desa Salam, Kecamatan Patuk, Gunung Kidul.  Cukup dengan Rp 10.000 sudah bisa berfoto dan menyaksikan keindahan Bunga Amarilis.

Meski Bunga Amarilis dianggap sebagai hama tanaman, namun ketika bunganya mekar, pemandangan warna oranye dari Bunga Amarilis tampak memukau dan sayang banget untuk diberantas. Kebun Bunga Amarilis, sebenarnya adalah milik pribadi, namun dapat dimanfaatkan sehingga mampu menarik wisatawan yang sekadar ingin berfoto sejak tahun 2015.

Sempat viral dan heboh pada tahun 2015, beberapa pemilik Bunga Amarilis kemudian membuat pagar dan jalan setapak di sekitar Bunga supaya Bunga tidak terinjak lagi oleh wisatawan pada saat pertama kali viral.

5. Hutan Wanagama

wisata alam gunung kidul

instagram.com/renithasya

Hutan Wanagama dulunya merupakan lahan tandus, namun kemudian pada tahun 1964 mulai dilakukan upaya penghijauan dari pihak Univeritas Gajah Mada dan para warga setempat. Lokasinya terletak di Desa Banaran, Kecamatan Playen, Gunung Kidul.

Biaya masuk ke Hutan Wanagama, kamu cukup membayar tiket sebesar Rp 5.000. Di dalam hutan ini, kamu akan merasakan panorama indah dan udara sekitar hutan yang sejuk dan segar. Fasilitas Hutan Wanagama ini terdapat sarana untuk outbond, jembatan gantung, camping ground, hingga terdapat aula untuk pertemuan.

6. Telaga Biru Semin

wisata alam gunung kidul

instagram.com/nurdhin10

Telaga Biru Semin merupakan destinasi wisata alam Gunung Kidul yang terletak di Desa Candi Rejo, Kecamatan Semin, Gunung Kidul. Kamu bisa berkunjung ke Telaga Biru Semin mulai pukul 06.00-18.00. Hingga saat ini, kamu gak akan dikenai biaya untuk bisa menikmati kenidahan telaga yang berwarna biru kehijauan.

Ada fakta menarik dari terbentuknya Telaga Biru Semin. Pada awalnya, lokasi di telaga ini merupakan bekas gailan pertambangan. Dan bekas galian pertambangan itu menghasilkan embung-embung kecil yang kemudian terisi oleh air hujan.

Warna biru kehijauan dari telaga itu disebabkan karena terdapat lumut dan ganggang di dasar telaga yang terkena pantulan sinar matahari. Kedalaman Telaga Biru Semin mencapai 5-8 meter.  Tentu saja, di sekitar Telaga kamu juga bisa melihat tebing-tebing batu bekas galian tambang. Di kawasan ini, kamu pun juga bisa menyewa rakit untuk berkeliling.

7. Embung Batara Sriten

wisata alam gunung kidul

instagram.com/embungsritengunungkidul

Satu lagi telaga atau embung yang terdapat di Gunung Kidul adalah Embung Batara Sriten. Nama Batara Sriten merupakan singkatan dari Pegunungan Baturagung Utara dan Padukuhan Sriten. Lokasinya terletak di puncak Pegunungan Baturagung Utara, Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Gunung Kidul.

Embung Batara Sriten mulai buka pukul 05.00-18.00. Untuk bisa masuk ke Embug Batara Sriten, cukup dengan biaya sebesar Rp 3.000 saja. Waktu berkunjung yang paling pas adalah saat pagi dan sore hari, soalnya pemandangan hamparan awan akan terlihat jelas.

Embung Batara Sriten merupakan telaga tertinggi di Jogja karena letaknya berada di puncak pegunungan Baturagung dengan ketinggian 859 mdpl. Di Embung Batara Sriten ini, selain bisa berfoto-foto, kamu juga bisa melakukan camping ground, berburu sunset, hingga beristirahat menggunakan hammock  pada pohon besar yang terletak di sudut telaga.

8. Air Terjun Sri Gethuk

wisata alam gunung kidul

instagram.com/ixotransport

Pergi ke daerah yang dikenal gersang, memang rasanya ingin cepat-cepat untuk berendam ke tempat yang teduh yang segar. Yups, salah satu destinasi yang cocok adalah air terjun. Di Desa Wisata Bleberan, Kecamatan Playen, Gunung Kidul, kamu bisa menikmati keindahan panorama Air Terjun Sri Gethuk.

Air Terjun Sri Gethuk dibuka pada jam 08.00-16.000 dengan biaya masuk Rp 10.000. Untuk bisa menuju Air Terjun Sri Gethuk, dari area parkiran kamu bisa melakukan tracking melalui jalur persawahan atau dengan menggunakan rakit dengan biaya Rp 10.000 pulang pergi.

9. Air Terjun Kedung Kandang

wisata alam gunung kidul

instagram.com/journey_traveling

Selain Air Terjun Sri Gethuk, di Gunung Kidul juga terdapat Air Terjun kedung Kandang. Letaknya di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunung Kidul, tidak begitu jauh dari Gunung Api Purba Nglanggeran.

Berbeda dengan Air Terjun Sri Gehtuk yang bisa dicapai dengan pilihan rakit, Air Terjun Kedung Kandang harus kamu lalui dengan berjalan kaki atau tracking dengan waktu 15-30 menit. Wisata alam Air Terjun Kedung Kandang ini buka pukul 06.00-16.00. Untuk tiket masuk, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 7.000.

Nah, itulah rekomendasi wisata alam Gunung Kidul yang perlu kamu kunjungi. Memang menyenangkan berwisata alam dengan para sahabat, keluarga maupun orang tersayang, apalagi dengan biaya yang terjangkau. Eits, jangan  lupa, pastikan kamu mencicipi makanan khas Gunung Kidul juga, ya!

Posting Komentar untuk "9 Wisata Alam di Gunung Kidul dengan Pemandangan yang Eksotis"