Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Makanan Khas Banyuwangi yang Sensasi Rasanya Gak Terlupakan

makanan khas banyuwangi

Banyuwangi menjadi salah satu kota di Jawa Timur yang paling diminati untuk tujuan destinasi wisata. Selain menikmati wisata di Banyuwangi, para pelancong pun dapat menikmati makanan khas Banyuwangi.

Memang yang paling pas adalah menikmati sajian kuliner sambil menikmati pemandangan alam memesona, maupun suasana saat kamu berkunjung ke salah satu  destinasi wisata di Banyuwangi. Kelezatan dan sensasi rasa kulinernya, memang terbilang unik dan gak terlupakan di lidah.

Berikut 9 kuliner khas Banyuwangi yang harus kamu coba saat berkunjung.

1. Pecel Pitik

makanan khas banyuwangi
liputan6.com
Makanan khas Banyuwangi Pecel Pitik, merupakan kuliner yang berbahan utama dari ayam kampung muda. Ayam kampung muda dipanggang terlebih dahulu, kemudian disuwir-suwir lalu dicampur dengan bumbu khas dan parutan kelapa. Pecel Pitik memiliki rasa pedas yang khas berpadu dengan kelezatan ayam.

Di Banyuwangi, kamu bisa dengan mudah menemui menu makanan yang satu ini. Sudah banyak kedai maupun restoran di tempat pariwisata yang menyajikan menu Pecel Pitik.  Pecel Pitik merupakan makanan tradisional yang dulu disajikan hanya untuk acara adat oleh suku Osing di Banyuwangi.

2. Sego Cawuk

makanan khas banyuwangi
idntimes.com
Sego Cawuk adalah nasi putih yang disiram dengan kuah pindang, kelapa parut, lengkap dengan telur, pindang serta ditambahkan lalapan seperti mentimun dan daun semanggi rebus. Sego Cawuk, biasanya sering dijadikan menu sarapan di Banyuwangi. Sego Cawuk ini memiliki cita rasa manis dan gurih.

Dinamakan Sego Cawuk, karena kata cawuk berasal dari kebiasaan makan Suku Osing asli Banyuwangi, dengan cara menyuap memakai tangan.

3. Rujak Soto

makanan khas banyuwangi
nasionalisme.co
Makanan Khas Banyuwangi selanjutnya adalah Rujak Soto. Rujak Soto merupakan makanan perpaduan antara sayur rujak dan soto daging, maupun soto babat. Dalam penyajiannya, rujak sayuran yang terdiri dari rebusan kangkung, tahu, tempe, kubis, kacang panjang disajikan lebih dulu lalu kemudian disiram dengan kuah soto. Untuk pelengkap, biasanya Rujak Soto disajikan bersama lontong dan bisa ditambahkan telur rebus.

4. Sego Tempong

makanan khas banyuwangi
nusantaranews.co
Ada yang menarik dari asal nama Sego Tempong. Dinamakan Sego Tempong, karena saat memakan Sego Tempong rasanya seperti ditampar / tempong karena rasa pedasnya. Rasa pedas dari Sego Tempong berasal dari sambal tempong. Sambal tempong dibuat dari cabai merah mentah. Sego Tempong diisi berbagai macam lauk pauk seperti kumpulan sayuran rebus, tahu, tempe, telur dadar, hingga ikan goreng. 

5. Botok Tawon

makanan khas banyuwangi
guideku.com
Botok pada umumnya diisi dengan campuran ikan teri, petai, hingga tempe. Namun rupanya, Botok Tawon menjadi kuliner khas di Banyuwangi meski terdengar ekstrem. Botok Tawon dibuat menggunakan sarang tawon beserta lava tawon yang masih menempel. Cita rasa dari Botok Tawon memiliki rasa yang gurih. Botok Tawon dipercaya dapat meningkatkan stamina.  

6. Ayam Uyah Asem

makanan khas banyuwangi
faktualnews.co
Ayam Uyah Asem memiliki kombinasi rasa pedas, asam dan gurih. Ayam Uyah Asem khas Banyuwangi, dibuat dengan mengguakan ayam kampung muda dan papaya muda yang kemudian ditambahkan bumbu-bumbu. Untuk menambah cita rasa asam, biasanya ditambahkan belimbing wuluh.

Meski kombinasi rasa pedas dan asam cukup untuk membuat lidah kamu agak kepanasan, namun cita rasa gurih dari ayam kampung muda tetap membuat kamu bernafsu makan!

7. Bagiak

makanan khas banyuwangi
kumparan.com
Makanan khas Banyuwangi ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh.  Bagiak merupakan kue kering yang berbentuk lonjong panjang, berbahan dasar tepung sagu, kelapa parut dan bumbu lainnya. Kalau dilihat, Bagiak memiliki tekstur yang keras, begitu juga ketika digigit. Namun jangan salah, ketika sudah masuk ke mulut, akan berubah menjadi lembut bercampur cita rasa manis dan gurih.

8. Nasi Kalak

makanan khas banyuwangi
merahputih.com
Kalau sebelumnya ada Sego Cawuk dan Sego Tempong, kuliner Nasi Kalak pun gak kalah populer dari keduanya. Nasi Kalak merupakan nasi campur yang terdiri dari serundeng, mie, tumis buncis, wortel dan lengkap dengan lauk pauk seperti daging, telur, tempe hinggga tahu.

Meski Nasi Kalak memiliki tampilan yang sedehana, namun memakan Nasi Kalak dijamin bisa bikin kamu ketagihan dan yang pasti mengeyangkan perut.

9. Pindang Koyong

makanan khas banyuwangi
sajiansedap.grid.id
Pindang Koyong merupakan kuliner ikan berkuah yang bercita rasa asam pedas dan segar. Ikan yang dibuat untuk Pindang Koyong biasanya adalah ikan tongkol maupun ikan tenggiri. Biasanya paling pas menikmati Pindang Koyong bersama dengan nasi saat siang hari. 

Buat kamu yang sedang di berwisata di Banyuwangi, pastikan untuk mencicipi makanan khas Banyuwangi. Dan jangan sampai terlewatkan untuk membeli oleh-oleh di Banyuwangi, ya!

Posting Komentar untuk "9 Makanan Khas Banyuwangi yang Sensasi Rasanya Gak Terlupakan"