Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Makanan Ekstrem Gunung Kidul. Sudah Pernah Coba?

 
Makanan Ekstrem Gunung Kidul

Kamu yang bepergian ke ujung timur Yogyakarta, sudah pernah coba makanan ekstrem yang terdapat di Gunung Kidul? Kalau membicarakan Gunung Kidul, pasti gak lepas dari sensasi kulinernya selain keindahan pantai dan wisata alam yang memukai di dalamnya. 

Kamu pasti sudah mendengar dan mungkin sudah mencoba makanan khas Gunung Kidul seperti Tiwul, Gatot, Puli Tempe, hingga Sayur Lombok ijo. Tapi bagaimana dengan kuliner ekstrem di Gunung Kidul yang tidak lazim untuk dikonsumsi? Padahal orang kawasan sana sudah terbiasa, bahkan beberapa wisatawan tertarik dan suka dengan makanan khas yang dikenal ekstrem itu.

Berikut 6 makanan yang dikenal ekstrem di Gunung Kidul. 

1. Walang Goreng

Makanan Ekstrem Gunung Kidul
indozone.id

Kuliner jogja dari daerah paling timur ini, memang sudah dikenal dan tidak sedikit orang yang menyukainya. Belalang atau Walang Goreng biasanya diolah dengan cara menggoreng dan ditambahi bumbu khas untuk menambah cita rasa.

Biasanya, makanan ekstrem Gunung Kidul yang satu ini dapat kamu temui dengan mudah dipinggir jalan kawasan Gunung Kidul maupun di terminal, kalah sedang musim-musimnya. Para warganya pun ada yang menjual Walang Goreng dengan cara ditusuk seperti sate maupun dikemas rapi menggunakan toples. 

2. Garengpung

Makanan Ekstrem Gunung Kidul
youtube.com/Acep Iwan

Sama halnya dengan Walang, kuliner yang satu ini diolah dengan cara digoreng. Garengpung adalah serangga yang bentuknya seperti kumbang. Rasa dari Garengpung hampir sama dengan Walang, namun daging dari Garengpung lebih tebal karena bentuk dari tubuhnya.

Biasanya, Garengpung banyak dijajakan saat musim kemarau. Karena pada musim kemarau inilah si Garengpung mudah untuk ditemukan di pohon-pohon.

3. Puthul Goreng

Makanan Ekstrem Gunung Kidul
bisniswisata.co.id

Kalau Garengpung banyak ditemukan pada musim Kemarau, Puthul sebaliknya. Serangga yang berjenis kumbang ini dapat dengan mudah ditemukan saat musim penghujan. Biasanya, Puthul ditemukan di sekitar batang-batang pohon maupun di tanah.

Sensasi dari rasa kuliner yang dianggap sebagai hama tanaman ini, sama halnya dengan Walang dan Garengpung, memiliki cita rasa yang gurih.

4. Laron

makanan ekstrem gunung kidul
correcto.id

Peyek merupakan makanan yang digoreng seperti kerupuk dan biasanya dinikmati sebagai pendamping makanan maupun sebagai camilan. Tentu kamu sudah familiar dengan peyek kacang, peyek rebon, maupun peyek udang. Tapi bagaimana kalau kamu mencoba peyek laron?

Selain peyek, biasanya di Gunung Kidul, Laron juga bisa diolah menjadi botok. Tentu saja, sayap Laron terlebih dahulu dihilangkan. Wah, jadi tidak hanya petai, tempe maupun ikan teri saja yang dijadikan Botok. Laron pun juga bisa!

5. Entung Goreng

makanan ekstrem gunung kidul
jogja.tribunnews.com

Selain serangga, jenis ulat dijadikan makanan di Gunung Kidul. Namanya adalah Entung Ulat Jati. Sesuai dengan namanya, Ulat ini ditemukan di pohon-pohon jati. Biasanya, Entung ini diolah dengan cara digoreng maupun dengan cara dioseng-oseng.

Entung ini biasanya dapat kamu temukan pasar-pasar tradisional Gunung Kidul maupun warung makan yang menyediakan Entung. Rasa dari Entung ini setelah diolah, memiliki cita rasa yang gurih dan empuk, lho!

6. Kelelawar Bacem

makanan ekstrem gunung kidul
travel.tempo.co

Kamu pasti sudah sering mendengar kalau kelelawar sering dijadikan kuliner ekstrem di Thailand maupun di Cina. Namun ternyata, kuliner dari kelelawar pun juga terdapat di Gunug Kidul! Namanya adalah Kelelawar Bacem. Tentu saja, cara pengolahannya dengan cara dibacem. Meski kuliner yang satu ini sudah jarang ditemui, tapi beberapa tempat maupun warung di Gunung Kidul masih menyajikan sebagai lauk.

Bagaimana, apakah kamu tertarik dan cukup punya keberanian untuk mencoba salah satunya? Tidak usah dipaksakan kalau memang kamu cukup ragu-ragu. Dan bagi kamu yang tertarik untuk mencobanya, disarankan untuk mengkonsumsinya jangan terlalu berlebihan, ya. Karena beberapa orang ada yang alergi terhadap makanan.

Posting Komentar untuk "6 Makanan Ekstrem Gunung Kidul. Sudah Pernah Coba?"