Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Jenis Keju Populer di Dunia yang Rasanya Menggugah Selera

keju cheedar

Keju menjadi makanan yang paling populer di dunia. Karena rasanya yang gurih, enak dan asin ini menjadi pilihan untuk campuran toping seperti roti hingga kue. 

Panganan yang terbuat dari susu ini pun memiliki nilai nutrisi yang tinggi, karena memiliki semua nutrisi kandungan dari susu seperti kalsium, mineral, protein dan fosfor.

Di Indonesia pun banyak yang mengonsumsi keju dan paling sering ditemukan pada jajanan seperti martabak. Tapi tahukah kamu keju jenis apa yang paling digemari yang rasanya enak dan paling populer di dunia?

Berikut 7 jenis keju populer di dunia yang rasanya menggugah selera.

1. Mozarella

keju mozarella
myculturedpalate.com
Keju yang satu ini memang menjadi salah satu keju yang paling populer di Indonesia. Keju yang berasal dari negeri pizaa ini, memiliki tekstur yang lembut. Tidak hanya terbuat dari susu sapi, keju Mozarella terbuat dari susu kerbau.

Gak jarang, karena tekstur yang lembut ini, keju mozarella banyak dipakai untuk segala jenis toping makanan. Mulai dari makanan kekinian seperti risol Mozzarella, pizaa, lasagna,  hingga menu lauk sperti ayam pun bisa ditambahkan toping keju Mozzarella.  

2. Cheddar


keju cheedarpearlvalleycheese.com

Dinamakan keju Cheddar, karena keju ini berasal dari Inggris, tepatnya di sebuah desa  yang bernama Cheddar di Somorset . Meski memiliki tekstur yang relative keras, berwarna kuning pucat dan kuning gading, namun keju cheddar ini memiliki rasa yang kuat.

Di Indonesia, keju Cheddar ini paling banyak dijumpai. Karena banyak makanan yang mengguakan toping keju cheddar, seperti martabak , kue, hingga jajanan seperti pisang keju.

3. Parmesan

keju parmesan
consorziovaccherosse.it
Keju Parmesan merupakan keju yang berasal dari Italia, yang proses pembuatannya agak rumit dan memakan waktu setidaknya lebih dari satu tahun untuk proses pematangannya. Salah satu jenis keju Parmesan paling populer dan autentik adalah Parmigiano-Reggiano.
Parmigiano-Reggiano adalah keju Parmesan yang pembuatannay memakan waktu 2 sampai 10 tahun. Dan yang biasa dijual di swalayan adalah dengan tingkat kemataangan 3 tahun. Keju yang bertekstur keras dan sedikit berpasir ini, merupakan keju yang paling mahal. Untuk setengah kilogram saja bisa dibandrol sekitar 13 euro atau sekitar Rp 250 ribu!

4. Edam

keju edam
tasteatlas.com
Keju Edam merupakan keju yang berasal dari negeri kincir angin, Belanda. Bentuk dari keju Edam ini unik, karena bentuknya yang mirip apel. Keju ini berwarna kuning yang di bagian luarnya dibungkus oleh parafin yang berwarna merah terang.

Dibanding jenis keju lainnya, lemak yang terkandung dalam keju Edam juga sangat sedikit. Karena itu keju Edam menjadi makanan pilihan bagi siapa saja yang sedang diet.

5. Emmental

keju emmental
wikiwand.com
Kalau kamu pernah melihat kartun Tom nad Jerry, ternyata bentuk keju yang terdapat di kartun tersebut dengan tekstur kuning yang bolong-bolong menyerupai bentu keju Emmental. Keju yang berasal dari Swiss ini memiliki sifat yang mudah meleleh, jadi banyak dipakai untuk campuran dari roti bakar hingga burger.

Pembuatan dari keju Emmental pun melalui proses yang cukup panjang. Dan hanya sapi yang memakan jerami saja yang bisa digunakan untuk menghasilkan susu sapi.   

6. Blue Cheese

blue cheese
matadornetwork.com
Sesuai dengan namanya, keju yang berasal dari Denmark ini memiliki warna biru kehijauan. Warna biru yang kehijauan itu sebenarnya adalah jamur. Jamur yang terdapat pada keju merupakan jamur yang dicampur pada keju saat proses pembuatan.

Meski memiliki aroma yang tajam dan menyengat, namun tekstur lembut dari Blue Cheese sangat enak untuk dinikmati. Tapi nih, gak disarankan bagi kamu yang memiliki alergi terhadap bau yang tajam dan menyengat.  

7. Camembert

keju camembert
thespruceeats.com
Keju yang berasal dari negeri menara Eiffel, memiliki tekstur yang bulat namun agak tipis dan di luarnya dilapisi dengan jamur putih. Meski begitu, keju Camembert dikenal karena cita rasa asin yang gurih

Itulah 7 jenis keju yang populer di dunia dan rasanya pun enak dan gurih. Dan dalam menikmati keju gak dibutuhkan waktu-waktu tertentu dan hampir bisa dicampurkan ke semua jenis makanan. Dari jenis keju di atas, mana yang sudah pernah kamu coba?

Posting Komentar untuk "7 Jenis Keju Populer di Dunia yang Rasanya Menggugah Selera"