Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Geopark di Indonesia yang Diakui UNESCO Sebagai Taman Bumi Dunia


geopark kaldera toba

Geopark adalah taman bumi yang memiliki keindahan dan serta keaneka ragaman yang terkandung di dalamnya. Geopark di Indonesia pun memiliki pesona keindahanan alam yang telah diakui dunia. 

UNESCO Global Geopark (UGG) adalah organisasi dunia yang memberikan sertifikasi tentang area geografis yang dapat dimanfaatkan sumber daya yang dimilikinya.

Sumber daya yang dapat dimanfaatkan seperti destinasi wisata hingga sebagai area yang edukatif yang memiliki nilai-nilai seni dan budaya. Dari beberapa Geopark yang ada di Indonesia, ternyata ada yang diakui oleh UNESCO, lho! 

Berikut 5 Geopark di Indonesia yang diakui UNESCO.

1. Kaldera Toba

geopark kaldera toba
kompas.com
Perlu kamu ketahui kalau kaldera toba atau danau toba itu terbentuk dari ledakan super vulkano yang Gunung Toba yang diperkirakan meletus 74.000 tahun yang lalu. Sisa-sisa dari Toba super volcano itu membentuk Kaldera dan terdapat air dikenal dengan nama Danau Toba.

Danau Toba ini merupakan danau terbesar yang ada di Indonesia yang memiliki panjang 100km dengan lebar 30km. Pesona keindahan dari kawasan Kaldera Toba serta warisan budaya yang terkandung di dalamnya, menjadikan Kaldera Toba dinobatkan sebagai UNESCO Global Geopark pada 7 Juli 2020.

2. Ciletuh

geopark ciletuh
travelspromo.com
Geopark yang terletak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, merupakan kawasan wisata yang menawarkan keindahan alam air terjun, perbukitan dengan keindahan dari bebatuan yang unik hingga pantai dengan ombak yang diburu para peselancar.

Geopark yang dinobatkan oleh taman bumi dunia oleh UNESCO pada tahun 2018 ini, memiliki kawasan seluas 126.100 hektar. Geopark Ciletuh membentang dari pantai Cimaja di Cisolok sampai dengan Ujung Genteng, Sukabumi. Di kawasan Geopark ini pun menyediakan home stay maupun area camping untuk menikmati sajian alam khas negeri pasundan.

3. Rinjani

geopark rinjani
kataknews.com
Geopark Rinjani ini terbentang di kawasan sebagian Pulau Lombok di bagian utara. Di Geopark ini dikenal karena memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang terdapat di sekitar gunung api, serta adat dan budaya dari masyarakat sekitar yang masih kental menjungjung warisan dari leluhur.

Geopark Rinjani dinobatkan oleh UNESCO Global Geopark pada tahun 2018. Di kawasan Geopark juga terdapat Kaldera yang merupakan bekas letusan gunung api Rinjani, danau, dan kawasan Gunung Rinjani ini menjadi incaran para pendaki yang gemar menikmati pesona keindahan alam.

4. Gunung Sewu

geopark gunung sewu
travel.detik.com
Ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark pada tahun 2015, Gunung Sewu menawarkan pesona keindahan dari deretan bebatuan karst yang terbentang dari Gunung Kidul di Yogyakarta, Wonogiri di Jawa Tengah dan Pacitan di Jawa Timur.

Bebatuan gamping ini sudah dikenal dan diteliti sejak tahun 1800an. Bahkan dalam Gunung Sewu ini memiliki situs arkeolog yang diperkirakan sudah ada sejak belasan ribuan tahun yang lalu. Situs Arkeolog ini tersebar di tiga daerah meliputi 13 Geosite di Gunung Kidul, 7 Geosite di Wonogiri dan 13 Geosite di Pacitan.

5. Batur

geopark batur
metrobali.com
Geopark Batur adalah Geopark Nasional pertama yang ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark pada tahun 2012 lalu. Di aera Geopark Gunung Batur tersebar situs warisan alam yang meliputi kawasan sebagian besar wilayah Kintamani.

Geopark Batur ini memaparkan keindahan alam yang merupakan bekas fenomena letusan dari gunung berapi. Kawasan yang menjadi Ring of Fire Pasifik di Indonesia, terkenal dengan pemandangan kawah dan dua kaldera serta keindahan Danau Batur yang mempesona.

Itulah 5 Geopark di Indonesia yang diakui UNESCO yang telah dinobatkan sebagai UNESCO Global Geopark. Memang pesona alam yang ada di negeri sendiri begitu menakjubkan. Dan itulah yang membuat pesona alam di Indonesia dikenal dan diakui oleh dunia.

Posting Komentar untuk "5 Geopark di Indonesia yang Diakui UNESCO Sebagai Taman Bumi Dunia"